>

Mengenal Si Colokan Listrik Dan Kawan-Kawannya

Jaman sekarang, ternyata masih banyak orang yang suka salah sebut nama suatu barang.
Contohnya ini, hal sederhana yang padahal sudah melekat erat dengan kehidupan, malah ga tau apa namanya.
Saya inget betul waktu itu dosen saya pernah marah-marah karena mahasiswanya tidak tahu sebutan benda yang satu ini.



Apalagi semenjak saya kuliah di Jember, Jawa Timur, banyak istilah masyarakat yang bikin geleng-geleng kepala. Steker atau "colokan listrik" malah di sebut lanang e lestrek alias cowoknya lisrik.

Ya kalo mau dikaitkan dengan istilah cewek/cowok sih masuk, tapi masa iya kita nyebutnya "lanang e lestrek"??

Daripada salah-salah terus dan bikin malu, mending baca postingan ini supaya ga salah-salah lagi.


1. Steker

    Nah, benda ini namanya Steker. Gunanya ya untuk mengalirkan listrik dari tempat listrik (namanya
    saya sebutin nanti, dibawah ini). Pasti kalian sering nyebut ini dengan "colokan" atau "tusukan 
    listrik" atau "Jack" atau mungkin bahasa lainnya yang saya ga paham. Tapi, benda ini punya nama.
    Ya namanya Steker. Cara pake steker ini....................kayaknya semua udah pada tau ya. Haha, iya 
    tinggal di colokin aja. Steker ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
  • Steker Bengkok
  • Steker Adapter
  • Steker T
  • Steker Arde
        Jadi jangan salah sebut lagi ya. Apalagi kalau kamu orang teknis misal mahasiswa teknik elektro
        atau mahasiswa perfilman, kamu harus tau hal-hal kecil kayak gini biar ga malu-maluin wkwk.

    2. Saklar
        Benda yang satu ini biasanya punya istilah masyarakat "stop kontak" atau yang lebih parahnya lagi
        "cetak cetek". Ya, benda ini namanya saklar. Gunanya sebagai pemutus arus lisrik. Yang biasa 
        kalian pegang ini namanya saklar ya, inget, bukan "cetak cetek". Saklar ini juga banyak jenisnya
        yaitu :
    • Saklar Outbow
    • Saklar Engkel
    • Saklar + Steker
    Nah apakah penyebutan "stop kontak" itu benar?
    Sebenernya, ada yang lebih tepat disebut stop kontak dibanding si Saklar ini. Scroll terus ke bawah.

    3. Stop Kontak
        Jeng jeng jeng!!! Kaget ga ini ternyata namanya Stop Kontak? Kalau kalian kaget, maka kalian
        sama dengan saya. Ya, saya juga awalnya kaget begitu tau benda ini disebut stop kontak karena
        dulu saya mengira stop kontak adalah sebutan untuk si saklar. Saya dulu biasa menyebut benda ini
        "colokan 3" atau "colokan 6" (tergantung dari berapa banyaknya slot pada benda ini) atau
        "terminal". Sebenernya sebutan terminal ga salah juga sih, tapi nama asli dia sebenernya ini, Stop
         Kontak.

    4. Fitting
        Pernah merhatiin lampu dirumah? Pasti diantara sambungan lampu itu kamu akan nemu benda
        yang tampilannya sekilas kayak holder dari lampu tersebut kan. Nah benda itu disebut Fitting. 
        
      5. Socket

          Nah ini yang tadi saya sempet singgung di bagian awal Steker, "tempat colokan listrik" ini 
          namanya adalah Socket atau di lidah Indonesia bisa disebut Soket. Cara kegunaannya juga udah
          tau kan ya. 

      6. Ballast
      Contoh Ballast Lampu Osram

          Kalau kalian suka bongkar-bongkar lampu, atau pernah liat lampu yang kaca nya dibuka, maka 
          biasanya kalian akan liat kabel-kabel dan kotak kecil ini. Kotak kecil ini biasanya adanya di tengah
          tapi ada juga beberapa yang disamping tergantung dari kebutuhan dan model penempatan 
          lampunya. Kotak kecil ini namanya Ballast. Gunanya untuk penyeimbang atau pembatas besaran
          arus lisrik yang masuk dan mengoprasikan si lampu. Misalnya kalian punya lampu 25watt nih, nah
          sedangkan listrik rumah kalian 1300watt, arus listrik sebesar 1300watt itu akan mengalir ke lampu
          25watt kamu, untuk membuat si lampu ini menyala dengan besaran 25watt, adalah tugasnya si
          Ballast ini.

      7. Multiplug
      Multiplug
          
          Barang yang satu ini paling banyak memiliki istilah masyarakat. Ada yang menyebutnya adapter
          multi colokan, colokan T/? dan segala macem. Benda ini namanya Multiplug. Gunanya
          udah jelas kan ya, kalian juga pasti sering pake. Multiplug ini beda dengan Stop Kontak yang tadi 
          disebutin di atas. Kalau stop kontak itu memperbanyak akses kita untuk satu sumber listrik,
          Multiplug ini mempermudah kita untuk mengakses sumber listrik dari jenis steker yang berbeda-
          beda. Kan model steker ada macem-macem tuh, jadi multiplug ini adalah si "adapter" yang sering
          kamu cari-cari tersebut. Mulai sekarang sebut benda ini multiplug ya.